Selasa, 15 September 2015

Komposisi Sebagai Pelajaran Dasar Untuk Menjadi Komposer

Jika kalian ingin menjadi seorang komposer, pendidikan menjadi hal wajib yang harus dipenuhi. Sebab untuk bisa menjadi komposer diperlukan pemahaman teori yang amat dalam serta penguasaan alat musik yang cukup baik. Komposer adalah pemimpin orkestra yang menentukan bagus tidaknya sebuah penampilan, jika ia salah memberikan instruksi maka seluruh anggota orkestra pun akan salah memainkan instrumennya.

Mengingat betapa pentingnya peran komposer inilah yang memaksa setiap calon mempunyai pengetahuan praktek dan teori yang mumpuni. Bukan hanya sekedar beli piano dan menyusun berbagai rancangan irama untuk berbagai jenis instrumen lainnya. Komposer menciptakan musik dalam satu atau lebih dari banyak genre musik. Musik klasik mungkin genre yang paling dekat hubungannya dengan komposer, tetapi mereka juga dapat menulis komposisi jazz atau skor untuk teater, televisi, dan film.

Seringkali, komposer memiliki kemampuan bermain piano, tetapi mereka juga mungkin tahu bagaimana memainkan instrumen lainnya. Sebagai komposer, kalian harus memiliki dasar yang kuat dan pemahaman teori musik, serta telinga yang sangat terlatih. Menjadi seorang komposer memerlukan pelatihan yang ekstensif dan pengalaman banyak. Lalu pendidikan seperti apa yang diperlukan untuk menjadi komposer?

Kalian bisa mengikuti program gelar musik postsecondary, pendidikan ini bisa membantu meningkatkan keterampilan musik kalian. Banyak komposer-komposer ternama dunia yang ternyata mengemban gelar postsecondary dalam komposisi musik. Komposisi membantu kalian memahami musik secara keseluruhan yakni dari segi musik maupun seni, yakni indah didengar atau tidak. So, jika kalian berminat menjadi komposer yang baik segera cari sekolah musik.

Pilihlah sekolah yang terbaik, jangan asal-asalan karena sekolah komposer cukup mahal. Akan sangat disayangkan jika kalian gagal mendapatkan pengetahuan padahal sudah banyak biaya yang dikeluarkan. Mungkin mengambil kelas di luar negeri bisa lebih menjanjikan terutama sekolah-sekolah di Eropa Barat yang memang mempunyai stok guru berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar