Kamis, 08 Desember 2016

Lakukan ini saat akan berlatih drum

Bermain drum adalah hal yang paling menyenangkan, saat bermain drum tidak hanya musik yang kamu pelajari namun juga pelampiasan emosi sehingga emosional kamu akan lebih stabil. Tapi, setiap pemula yang sudah beli drum dan memutuskan untuk serius tentunya menginginkan hal yang lebih dari kesenangan serta kestabilan emosi.

Apa yang lebih penting dari keduanya? Yakni keseriusan dalam karir bermusik dan juga keberhasilan. Tapi, tidak banyak orang yang diberi jalan mudah mencapai karirnya sebagai drummer, beberapa bahkan menyerah ditengah jalan karena banyaknya rintangan.
Saran saya, jika mentalmu tidak bagus-bagus amat sebaiknya pilih jenis karir lain yang mampu memberikanmu ketenangan. Tapi, jika kamu suka dengan tantangan maka menjadi drummer adalah pilihan rasional. Tentunya harus bermodal latihan yang benar ya, setidaknya kamu mampu dan mau melakukan hal-hal ini

a.      Menyiapkan ruang khusus

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan berlatih drum adalah menemukan sebuah ruangan di rumah yang cukup besar untuk menampung drum set, misalnya garasi. Meskipun ada spot lain seperti kamar tidur atau ruang bawah tanah namun garasilah yang paling baik digunakan untuk belatih.

Sebaiknya tidak menempatkan drum diruang tamu, yang punya kesempatan terdengar oleh tetangga karena akan sangat mengganggu mereka kecuali kamu bersedia membuat peredam suara.

b.      Atur jadwal

Tidak peduli apakah yang kamu lakukan itu berlatih drum atau mengangkat beban – namun semua kemampuan dan kemajuan tergantung sepenuhnya pada bagaimana kamu membangun memori otot. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk mengatur jadwal latihan.

Perlu diingat bahwa berlatih konsisten setiap hari untuk beberapa menit saja akan menunjukkan hasil yang lebih cepat daripada ketika kamu berlatih tiga jam sekali seminggu. Satu jam sehari bahkan lebih baik, tetapi tidak menetapkan tujuan realistis.

c.       Buat rencana

Pikirkan sesi latihan sebagai batu loncatan yang mengarah ke tujuan kamu saat bermain drum. Sekali seminggu mungkin kamu perlu menetapkan tujuan kecil yang ingin dicapai selama sepekan kedepan. Pikirkan juga bagaimana kamu akan mencapai tujuan tersebut serta rencana cadangan jika tujuan tidak atau gagal tercapai.
http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/drums/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar