Rabu, 07 September 2016

Mythos tentang beli gitar bekas

Sudah bukan praduga lagi kalau gitar bekas dipandang sebelah mata oleh para gitaris pemula yang sesungguhnya tidak tahu apa-apa mengenai gitar bekas. Gitar bekas pakai adalah label bagi kaum menengah kebawah karena yang beli gitar bekas biasanya adalah mereka yang tidak memiliki cukup dana untuk memiliki gitar baru.

Padahal tidak selamanya seperti itu, karena terbukti ada beberapa gitar bekas yang masih punya kualitas baik asal kita pandai memilih. Masalah kualitas dan kasta-kasta tersebut hanyalah persepsi yang tidak sama saja. Lalu selain harga dan kualitas apa saja sih mitos mengenai gitar bekas yang sesungguh tidak tepat?

a.       Gitar bekas adalah gitar hasil rakitan

Banyak sekali gitaris pemula yang beranggapan bahwa banyak toko gitar menjual gitar bekas yang sudah direkondisi dengan mengganti beberapa bagian yang rusak dengan yang baru namun sebenarnya serinya tidak cocok. Padahal tidak semua toko alat musik melakukan hal seperti ini, banyak juga yang jujur dengan tidak mengganti apapun kerusakan sebelum pembeli meminta untuk diganti. Masalah penggantiannya yang tidak sesuai seri juga bisa kita cek jadi sudah bisa mengantisipasi kan kejadian kejadian yang tidak diinginkan?

b.      Gitar bekas punya body rapuh

Memang yang ini ada benarnya, ada beberapa pemilik gitar yang tidak rajin merawat gitar sehingga meninggalkan banyak kerusakan terutama pada bagian body dan penjual yang nakal selalu punya cara untuk menutupinya dengan segala hal. Tapi tidak semua seperti itu, coba kamu cek dulu sebelum dibeli. Jika ada keretakan sedikit saja maka gitar berpotensi rusak parah, namun jika tidak berarti masih apik. Cari tahu juga bahan pembuat body gitar karena memengaruhi tingkat ketahanan body. Jangan sampai kamu salah beli gitar dan mendapati gitar dengan bahan yang mudah rusak

c.       Gitar bekas tidak keren

Mitos ini juga salah besar, lantaran keren dan tidaknya kamu bukan hanya dinilai berdasarkan tampilan dan gitar baru melainkan bagaimana kamu memainkannya. Gitar sejelek apapun jika kamu piawai memainkannya akan terlihat bagus dan mengagumkan. Jadi daripada kamu urung beli gitar bekas hanya karena masalah keren atau tidak lebih baik lihat dulu kualitas diri sudah bagus atau masih pemula? Lagipula gitar bekas jika kamu rawat dan gubah sedikit diberbagai sisi juga bisa nampak baru dan mengagumkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar