Selasa, 12 Juli 2016

Ternyata bermain drum dapat meningkatkan kecerdasan otak

Selama ini kita hanya tahu bahwa piano lah instrumen yang paling jitu dalam meningkatkan kecerdasan otak. Namun, faktanya ada alat musik lain yang juga bisa melakukan hal serupa yakni drum. Ya, alat musik perkusi ini mampu membantu mempertajam daya ingat seseorang karena dalam proses permainannya melibatkan dua sisi otak yakni kanan dan kiri, otak kanan bekerja untuk hal-hal intuitif sementara kiri untuk memancing kreatifitas.

Para peneliti pun mengamini bahwa berlatih drum dapat meningkatkan inelejnsi seseorang. Sementara penelitian sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa pelatihan musik dapat meningkatkan keterampilan membaca dan matematika pada anak-anak. Bermain drum membuat otak berpikir dengan cepat, karena saat bermain otak dipaksa untuk memahami notes musik dan irama secara bersama-sama dimana keduanya merupakan proses pemikiran yang rumit.

Studi terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang terus-menerus melakukan aktifitas ini mengalami peningkatan intelegensi. Menurut studi yang dilakukan oleh E. Glenn Shallenberg di University of Toronto, nilai tes IQ anak 6 tahun meningkat secara signifikan setelah mereka menerima pelajaran drum. Selain meningkatkan inetelgensi bermain drum juga dapat menjadi terapi fisik, menghilangkan stres; meningkatkan keterampilan sosial seperti kerja tim, harga diri, disiplin, meningkatkan proses berpikir abstrak, alat untuk ekspresi kreatif dan keseimbangan jiwa.

Alat musik perkusi diketahui dapat melepaskan uap negatif dan memancing munculnya energi kreatif. Studi terbaru menunjukkan alat musik perkusi khususnya drum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setelah mengetahui fakta ini bukankah belajar drum juga patut dicoba? Beli drum dan buktikan sendiri sebesar apa manfaat drum untuk tubuh dan khususnya otak.



source : http://id.yamaha.com/id/artists/guitars_basses/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar